feminisme

Feminisme

sejak awal kelahiranya, feminisme bersifat politik. Sampai tarap bahwa paham ini mengankat dan mempersoalkan hubungan politis yang bersifat pundamental antara grnder dan kekuasaan’ (hojler dan ase 1999:73); feminisme telah dan tetap mempunyai banyak hal untuk dikatakan tentang ilmu politik, meskipun tidak selalu jelas ilmu politik mainstream mendengarkannya.

Namun, feminisme bukan suatu pendekatan yang tumbuh di dalam batas-batas ilmu sosilal. Ia berasal dari luar akademis sebagai ideologi gerakan sosial yang kritis dan mengacaukan. Dengan demikianm penggabungannya ke dalam ilmmu sosial, ataupun ilmu politik, hanya bersifat parsial dengan selektif, dan tetap ada jurang pemisah peminisme ‘di luar sana’ dan peminis ilmu politik. Oleh karena itu dalam pembahasan berikutnya, tak terelakan lagi ada suatu pemisahan antara karakterisasi feminisme sebagai suatu prespektif dan implikasinya terhadap analisis politik, di satu pihak, dan keasyikan dan capayan peminis ilmu politik di pihak lain.

Lebih jauh lagi, hampir dari permulaan telah ada beragam prespektif dalam presfektif feminis, dan karakter bawaan ini telah meningkat seiring waktu hiongga sebagian orang mungkin bertanya apakah feminisme masih eksis sebagai suatu proyek tunggal yang padu. Banyak pengamat yang sekarang lebih suka berbicara tentang prespektif pemnis secara plular (misalnya, corrin 1999; lihat juga beasley 1999). Berbagai macam prespektif ini mempunyai pendapat dan pesan yang berbeda dan bahkan berkontradiksi terhadap analisis politik. Oleh kaerna itu alih-alih bersikeras bahwa feminisme menawarkan suatu pendapat atau teori-teori koheren, feminisme lebih tepat dipandang sebagai suatu jenis dialog yang berkembang sekitar suatu agenda yang sama namun berkembang.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s